Rabu, 01 Maret 2017

Busana Daerah

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar, Seni, Budaya dan Pariwisata oleh karenanya  banyak pelajar dan mahasiswa dari seluruh propinsi di Indonesia datang ke Jogja untuk menuntut ilmu. Sehingga keragaman budaya dikota  ini sangat terasa. Kegiatan-kegiatan pentas seni antar mahasiswa melalui wadah nya UKM membuat suasana Jogja semakin semarak. Dengan terjalinnya kegiatan tersebut ini menunjukkan bahwa semangat Bhineka Tunggal Ika mereka sangat kuat serta semangat ingin menjaga dan melestarikan Seni dan Budaya warisan leluhur.

Berbicara mengenai keragaman seni dan budaya di Indonesia ini tentunya beragam pula busana adat yang dipakai, baik pada saat Pesta Penikahan, Pentas Seni Tari maupun Upacara Adat. Oleh karenanya banyak salon atau butik di Jogja yang menjual jasa persewaan busana adat atau daerah. Hal ini terjadi karena tidak semua pelajar atau mahasiswa membawa atau memiliki pakaian daerah mereka masing-masing. Sehingga pada saat ada kegiatan seperti tersebut diatas atau acara penting yang lain, mereka jadi bingung. Inilah yang menjadi peluang usaha bagi salon dan butik di Kota Gudeg ini. 

Sebagaimana Sanggar Siwa Nata Raja yang telah lama mengelola  jasa Persewaan Busana Adat dan Daerah seperti Busana Adat Bali, Lombok, Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dll. Beraneka macam koleksi yang ditawarkan, antara lain: Kain Tenun, Kain Songket, Kain Prada, Kain Poleng, Sorjan, Lurik, Kebaya, Landung, Beskap, beserta asesoris atau kelengkapannya dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa contoh gambar Busana Adat koleksi Sanggar Siwa Nata Raja

 Busana Adat Kalimantan

 Busana Adat Kalimantan

 Busana Adat Kalimantan

 Busana Adat Jawa

 Busana Adat Nusantara


 Busana Adat Jawa

 Busana Adat Bali

 Busana Adat Bali